Kekayaan merupakan akumulasi pendapatan yang Anda kumpulkan dari hari ke hari dengan konsisten dan disiplin. Kekayaan tidak ada hubungannya sama sekali dengan besaran gaji yang didapatkan.

Meskipun Anda memiliki pendapatan yang besar, Anda tidak akan bisa menjadi orang yang kaya,  jika pengeluaran lebih besar dari pendapatan yang dimiliki.

Sebaliknya, Anda yang memiliki penghasilan yang minim sangat mampu menjadi orang kaya, jika memiliki pengeluaran yang lebih rendah dari pendapatan.

Di artikel ini, kita akan membahas tentang cara menjadi orang kaya dengan gaji kecil dan mematahkan argumen, bahwa hanya orang yang berpenghasilan tinggi saja yang bisa kaya.

Simak penjelasannya di bawah ini.

9 Cara Menjadi Orang Kaya Dengan Gaji Kecil

1. Berhematlah

Konsep yang pertama ini sangatlah sederhana, namun mampu memberikan hasil yang terbaik, jika Anda mampu menerapkannya dengan konsisten.

Orang kaya selalu memiliki kebiasaan berhemat dan lebih cenderung menyimpan dana yang dimiliki, dibandingkan harus membelanjakannya ke berbagai pengeluaran yang tidak diperlukan.

Ada banyak sekali cara berhemat yang bisa dilakukan, misalnya saja mengubah kebiasaan membeli kopi di kedai atau cafe dengan membuat sendiri kopi di rumah yang terbukti lebih murah dan hemat pengeluaran.

2. Hidup Sesuai Dengan Kemampuan Anda Saat Ini

Hal yang satu ini sangat sulit dilakukan oleh kebanyakan orang dan mereka cenderung mudah tergoda untuk membelanjakan lebih banyak uang dari kemampuannya.

Hiduplah sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki. Membelanjakan uang lebih sedikit dari apa yang dihasilkan sangat ampuh membuat Anda mengumpulkan pundi-pundi kekayaan.

Ada aturan sederhana yang bisa Anda terapkan yaitu jangan melakukan pembelian, jika tidak mampu membayarnya secara tunai.

3. Belilah Barang yang Berbiaya Lebih Rendah dari Kemampuan

Jika saat ini Anda mampu membeli motor sport keluaran terbaru, bukan berarti Anda harus membelinya.  Jangan membeli hanya karena Anda mampu melakukan pembelian barang tersebut, jadilah orang yang bijak untuk mengumpulkan kekayaan di masa depan.

Belilah barang yang berbiaya lebih rendah dari kamampuan, maka Anda akan terkejut saat melihat sisa uang yang bisa disimpan.

4. Berinvestasilah Untuk Masa Depan

Pendapatan yang Anda miliki tidak akan bertumbuh dengan optimal, jika hanya disimpan di dalam tabungan saja.

Bahkan nilainya akan terus tergerus akibat tingkat inflasi yang terjadi sepanjang tahun. Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menyisihkan sebagai pendapatan Anda untuk diinvestasikan ke berbagai instrumen investasi.

Jangan berpikiran bahwa investasi membutuhkan modal yang besar, sebab saat ini investasi sudah bisa dilakukan hanya dengan modal uang Rp 100.000 saja. KoinWorks menjadi salah satu pilihan investasi yang bisa dimulai dengan modal tersebut.

Cukup sisihkan pendapatan yang dimiliki minimal Rp 100.000 setiap bulannya dan Anda sudah bisa mendapatkan potensi imbal hasil mulai dari 18% bunga efektif per tahun.

5. Jangan Menghabiskan Seluruh Uang yang Dimiliki

Memiliki banyak uang, bukan berarti Anda harus menghabiskan seluruhnya dan tidak menyisahkannya sedikit pun.

Simpan kelebihan uang yang Anda dapatkan seperti THR, uang bonus yang didapatkan, dan lain sebagainya. Dana tersebut akan sangat bermanfaat, saat ada kebutuhan mendesak yang perlu dikeluarkan.

6. Simpan Uang Ekstra yang Anda Dapatkan

Anda tidak pernah tahu, jika suatu saat mendapatkan bonus kinerja dari pimpinan perusahaan.

Jangan serta merta menghabiskan uang tersebut untuk hal-hal yang tidak diperlukan, sebaiknya sisihkan dana ekstra tersebut untuk Anda simpan dan mengakumulasikan kekayaan.

7. Bijak Saat Berinvestasi

Kemampuan Anda memilih jenis investasi yang sesuai dengan kebutuhan akan menentukan tingkat pengembalian yang akan didapatkan di masa depan.

Artinya semakin bijak Anda memilih jenis investasi yang tepat, maka semakin cepat juga Anda mengakumulasikan kekayaan.

Tentukan jenis investasi yang akan dipilih berdasarkan profil resiko yang dimiliki, tujuan keuangan, jangka waktu investasi, dan jumlah uang yang mampu disisihkan setiap bulannya.

Jangan berinvestasi di saham, jika Anda berinvestasi untuk jangka pendek atau Anda mudah panik dengan nilai investasi yang mudah berfluktuasi.

8. Tidak Perlu Mengeluarkan Uang Lebih

kebiasaan kaum millennial mengatur keuangan - koinworks - zodiak kurang beruntung - meminjamkan uang kepada keluarga

Segera potong berbagai biaya dan pengeluaran yang sebenarnya bisa Anda tekan dengan menggantinya dengan pilihan yang lain.

Misalnya saja, saat ini Anda mengeluarakan biaya untuk keanggotaan di pusat kebugaran, maka pengeluaran ini bisa ditekan dengan memilih berolahraga yang lebih hemat biaya seperti melakukan push up, jogging, pull up, dan squat jump.

9. Hiburan Tidak Selamanya Mahal

Cara menjadi orang kaya dengan gaji kecil yang terakhir adalah dengan menghemat pengeluaran untuk hiburan.

Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang hanya untuk menghibur diri dan keluarga Anda. Jika selama ini Anda menghabiskan banyak uang untuk pergi menonton di bioskop, maka ganti pilihan dengan menyewa DVD film atau men-download film untuk dinikmati di rumah.

Anda bisa berjalan-jalan ke taman bersama dengan keluarga besar atau masak-masak di rumah sembari bercengkerama dengan keluarga.

Jika Anda kreatif, maka Anda bisa dengan mudah menemukan berbagai macam hiburan murah yang tidak perlu mengeluarkan banyak biaya.

Mudah untuk dilakukan bukan?

Menjadi kaya merupakan pilihan Anda dan tujuan tersebut bisa dicapai, meskipun saat ini Anda memiliki pendapatan yang minim sekalipun.

Nah, itulah 9 cara menjadi orang kaya dengan gaji kecil. Semoga informasi yang sudah kami sampaikan di atas memberikan banyak manfaat untuk Anda semua yang membacanya.
Axact

GITEWAN

PT. GITEWAN SARANA TRANSINDO Adalah perusahan Jasa Kirim Mobil Keseluruh Indonesia Terpercaya dan Murah. Mulai sekarang percayakan pengiriman mobil kesayangan anda bersama PT. GITEWAN SARANA TRANSINDO yang sudah berpengalaman di bidangnya, dengan Harga, tarif dan biaya murah.

Post A Comment:

0 comments: