Jika bukan karena beasiswa, biasanya mahasiswa masih mengandalkan tabungan orangtua untuk pembayaran biaya kuliah.

Jika tidak demikian, mahasiswa tersebutlah yang mati-matian membanting tulang, demi menambah penghasilan dan melunasi biaya kuliah mereka selama empat tahun. Nah, Anda tipe yang mana?

Apapun itu, Anda bisa lho, menambah penghasilan sejak dini, demi meringankan beban finansial dari segi pendidikan. Ada 5 kerja sampingan untuk mahasiswa yang bisa dijadikan sebagai sumber pendapatan tambahan. Apa saja?

5 Kerja Sampingan untuk Mahasiswa

1. Barista

Punya waktu luang saat akhir pekan? Tidak tahu mau melakukan apa saat liburan akhir semester berbulan-bulan lamanya? Mengapa tidak menjadi barista di kedai kopi saja?

Seperti yang diketahui, kedai kopi kian menjamur di mana-mana. Kopi sendiri sudah menjadi gaya hidup orang banyak, yang sepertinya sulit untuk ditinggalkan.

Nah, Anda bisa menjadi barista untuk menambah pemasukan. Jangan takut bila Anda tidak memiliki kemampuan untuk meracik kopi. Biasanya masing-masing kedai kopi memiliki training yang akan mengajarkan Anda bagaimana membuat kopi, serta melayani pelanggan. Selain dapat uang, Anda juga bisa menabung ilmu.

Siapa tahu, kelak Anda bisa membuat kedai kopi sendiri dan menghasilkan banyak keuntungan dari bisnis tersebut.

2. Blogger atau penulis lepas

Blog menjadi salah satu sumber pemasukan aktif dan pasif yang bisa Anda gunakan. Di waktu lowong, coba deh menulis blog.

Jika konten yang Anda buat menarik, akan sangat mungkin berbagai brand atau perusahaan mengajak Anda bekerja sama. Misalnya, perusahaan online travel agent, penerbitan buku, e-commerce, dan sebagainya.

Atau, Anda juga bisa menjadi penulis lepas di berbagai website. Anda bisa mengandalkan berbagai situs freelancer untuk mencari lowongan.

Untuk fee-nya sendiri, tergantung masing-masing klien. Ada yang menetapkan sekian ratus ribu untuk satu artikel, ada yang menetapkan harga tergantung jumlah kata atau karakter, ada yang langsung diakumulasikan dalam sebulan, dan sebagainya.

3. Social media specialist

Social media specialist adalah salah satu kerja sampingan untuk mahasiswa yang bisa Anda geluti. Pertanyaannya, apakah Anda passionate di bidang ini?

Jika iya, ada dua hal utama yang bisa kerjakan. Pertama, mengelola akun tersebut dan membuat kontennya. Kontennya sendiri mencakup gambar, animasi, video, hingga caption-nya.

Kedua, Anda bisa menjadi admin di mana Anda bertanggung jawab untuk melayani berbagai pertanyaan atau keluhan dari pelanggan.

4. Web developer

Teknologi yang kian berkembang menuntut segala sesuatunya serba cepat, efisien, lengkap, serta komprehensif. Hal itu pun dapat tertuang pada website sebuah perusahaan atau brand.

Jika Anda ahli di bidang ini, kerja sampingan untuk mahasiswa yang cocok adalah sebagai web developer. Fee-nya lumayan, bisa mencapai jutaan. Selain itu, Anda juga bisa curi-curi ilmu di bidang ini.

5. Fotografer

Tahukah Anda, biasanya, influencer di media sosial merekrut fotografer khusus untuk mengabadikan mereka. Sebab, biasanya para influencer butuh foto bagus yang mampu meningkatkan engagement atau followers mereka.

Jika Anda jago fotografi, Anda bisa menjual skill Anda kepada orang lain yang membutuhkan jasa Anda. Jangan lupa, tetapkan rate card terlebih dulu, ya! Misalnya, untuk sekali pemotretan, yakni 2 jam lamanya, harganya Rp300.000.

Dari 5 kerja sampingan untuk mahasiswa di atas, mana yang kira-kira paling cocok untuk Anda? Apapun pekerjaan yang Anda geluti, jangan lupa sisihkan juga untuk ditabung dan diinvestasikan.

Zaman sekarang, sudah banyak mahasiswa yang melakukan investasi, sebab mereka sangat aware akan betapa pentingnya investasi demi mencapai tujuan finansial mereka di masa mendatang.
Axact

GITEWAN

PT. GITEWAN SARANA TRANSINDO Adalah perusahan Jasa Kirim Mobil Keseluruh Indonesia Terpercaya dan Murah. Mulai sekarang percayakan pengiriman mobil kesayangan anda bersama PT. GITEWAN SARANA TRANSINDO yang sudah berpengalaman di bidangnya, dengan Harga, tarif dan biaya murah.

Post A Comment:

0 comments: